A. Latar Belakang
Kegiatan ekstrakurikuler merupakan jalur pembinaan
olahraga, dalam satu sistem terpadu terutama dalah memperkuat landasan pembinaan
olahraga agar regenerasi prestasi terus tercipta. Pembinaan olahraga akan lebih
berhasil apabila dilakukan sejak usia muda, secara berkelanjutan dan
terkoordinasi dengan baik melalui arahan atau bimbingan Pembina-pembina
olahraga. Pembinaan olahraga akan diperoleh pertama kali melalui pembelajaran
di sekolah, baik melalui kegiatan yang berlangsung pada jam sekolah
(intrakurikuler) maupun kegiatan di luar jam sekolah (ekstrakurikuler).
Di sinilah terdapat bibit olahragawan yang tidak akan ada
habis apabila program olahraga di sekolah secara keseluruhan dapat dilaksanakan
dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu kegitan ekstrakurikuler di sekolah
merupakan wadah yang tepat untuk pengembangan olahraga, disamping itu juga
membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan remaja. Tujuan
ekstrakurikuler olahraga harus berpedoman pada tujuan yang ada, sehingga segi kognitif,
afektif, dan psikomotor bisa terbentuk, (Depdikbud, 1994 : 7).
Segi kognitif meningkatkan, dan memantapkan pengetahuan
siswa, sehingga siwa memiliki pengetahuan yang lebih luas tentang olahraga.
Pada segi afektif yaitu pembinaan pribadi siswa agar memiliki sikap, disiplin,
jujur, senang, sportif dan mengadakan hubungan dengan baik dalam kehidupan
manusia. Untuk psikomotor siswa memiliki keterampilan dan kemampuan berolahraga
dan berprestasi
B. Alasan Bela Diri Taekwondo
Sekarang
ini Tae Kwon Do merupakan salah satu cabang yang mendapatkan perhatian cukup
besar dari siswa sekolah. Pelatihan Tae Kwon Do dapat diberikan pada kegiatan
ekstrakurikuler di lingkungan sekolah.
Dasar dilaksanakan ekstrakurikuler olahraga terdapat dalam petunjuk pelaksanaan
kegiatan pembelajaran mata pelajaran pendidikan jasmani (Depdikbud,
1994 : 4) sebagai berikut :
“Mengingat
terbatasnya jumlah jam pelajaran setiap minggu yang tersedia dalam program kurikuler pada kelas 1
(satu) dan 2 (dua) serta tidak adanya
program kurikuler pada kelas 3 (tiga) perlu disusun program ekstrakurikuler
yang dilaksanakan di luar jam pelajaran sekolah. Program kurikuler lebih
menekankan pada pemahaman dan penguasaan kemampuan dan keterampilan cabang-cabang
olahraga serta kebiasaan hidup sehat. Program ekstrakurikuler diperuntukksn
bagi siswa yang ingin mengembangkan bakat dan kegemaran dalam cabang olahraga
serta lebih membiasakan hidup sehat”.
C. Fokus Beladiri
Taekwondo
1.
Beladiri Taekwondo tidak hanya membentuk fighter yang
terlatih tapi lebih pada penanaman nilai-nilai, karakteristik dan watak jiwa
sportif melalui pembiasaan di saat
latihan.
2.
Pembentukan moralitas dengan saling menghormati
sesama Taekwondo-in dan penanaman etika atau sopan santun terhadap siapapun
3.
Menjalin hubungan silahturohim terhadap Taekwondo-In, pengurus, guru atau pelatih dan Pembina serta
penasehat.
D.
Tujuan Beladiri Taekwondo
Tujuan dibukanya latihan Taekwondo adalah :
1. Meningkatkan
persatuan dan kesatuan serta menjalin persahabatan antar siswa.
2. Sebagai
sarana berlatih dan peningkatan prestasi siswa.
3. Sebagai
wahana dan sarana pengembangan diri dan pencapaian prestasi siswa.
E.
Manfaat
Beladiri Taekwondo
1.
Wadah penyaluran hobi, minat, dan
bakat para siswa
2.
Menguasai
kepribadian diri meliputi kejujuran, disiplin, tanggungjawab, semangat
berlatih, etika dan keberanian.
3.
Membentuk
pribadi yang selalu percaya diri dalam melakukan hal-hal yang positif.
4.
Para
Taekwondo-In terhindar terhadap tawuran para pelajar
5.
Mampu
untuk dapat menyelesaikan persoalan atau masalah yang dihadapi dalam diri Taekwondo-In.
6.
Selalu
dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam melangkah mencapai masa depan
yang lebih baik.
7.
Memperkuat
dan mensinergikan keyakinan beragama dalam pelatihan Taekwondo.
8.
Menimbulkan
jiwa sosial yang tinggi.
9.
Mampu memberikan prestasi gemilang
di luar sekolah sehingga dapat mengharumkan nama sekolah.
F.
Tempat dan Waktu
Waktu
:
Tempat :
Tempat :
G.
Sasaran Kegiatan
Untuk menjadikan siswa memiliki semangat olahraga dalam wadah beladiri Tae Kwon Do
Untuk menjadikan siswa memiliki semangat olahraga dalam wadah beladiri Tae Kwon Do
H. Progam Latihan
ü Pembukaan dan doa
ü Stracing (Pemanasan)
ü Pyiometrik
ü Teknik tendangan pukulan
dan tangkisan
ü Dance Taekwondo
ü Sambyeon Kyourigi
(Pertarungan jarak dekat)
ü Peragaan pomse (Jurus)
ü Materi inti
ü Variasi
ü Permainan
ü Coling down (Pendinginan)
ü Doa dan penutup
I.
Syarat – Syarat Pendaftaran :
1. Sehat jasmani dan rohani.
2. Pas foto 3 x 4 : 1 Lembar.
3. Sanggup mentaati asas – asas Taekwondo.
4. Mengisi formulir pendaftaran.
J. Progam
Kerja
Sasaran
kegiatan dalam melaksanakan program kerja ini,kami memiliki beberapa sasaran kegiatan
,diantaranya yaitu
1.
Menggali
dan mengembangkan potensi anggota Dengan wahana Tae Kwon Do .diharapkan potensi
dalam diri anggota selama ini tidak diketahui oleh dirinya sendiri
2.
Dapat
tergali dan dikembangkan.Dari potensi diri tersebut,
3.
Diharapkan
dapat membantu menentukan tujuan hidup anggota melalui motivasi dalam latihan.
4.
Memenangkan
berbagai kejuaraan Dengan latihan yang rutin, wahana Tae Kwon Do dalam mengikuti
berbagai kejuaraan. Diharapkan kejuaraan tersebut dapat memperoleh hasil sehingga
dapat mengharumkan nama sekolahan.
5.
Meningkatkan
spiritual melalui olah raga beladiri Tae Kwon Do.
K. Progam Kurikulum
Tahap Latihan Dasar USIA 7
th-9 th dan 9-12- USIA DINI
a.
TEKNIK
b.
Filosofi Karakter Cabor Beladiri:
1)
Ideologi
2)
Resiko
3)
Manfaat
c. Teknik Dasar
d. FISIK (Latihan dilakukan
dalam bentuk permainan )
a. Kecepatan
b. Kekuatan
c. Daya Tahan
d. Flexibility
e. MENTAL
a. Enjoyment
b. Disiplin
Tahap Latihan Lanjutan usia 16 sampai 19 tahun
1.
TEKNIK
a.
Teknik Lanjutan . Atack, Counter, aksi reaksi dan spesialisasi
Teknik
b.
Akurasi Teknik. Akurasi
Teknik disertai dengan speed, Power dan daya tahan
2.
Filosofi Karakter Cabor Beladiri:
1)
Ideologi
2)
Resiko
3)
Manfaat
3. Teknik Dasar
a. Kyourigi
b. Pomse
4. FISIK (Latihan dilakukan
dalam bentuk permainan )
a. Kecepatan
1) Speed Akurasi
2) Speed Power
3) Speed Endurance
b. Kekuatan
1) Beban Internal
2) Beban External ( Weight
Training )
c. Daya Tahan
1)
Daya Tahan Cardio Vaskular
2)
Daya Tahan Otot
3)
Agility
4)
Flexibility
5. MENTAL
a. Disiplin
b. Atitude
c. Kerja
Keras/Pantang Menyerah
Tahap Latihan Lanjutan
usia 20 keatas
1.
TEKNIK
a.
Teknik Lanjutan . Atack, Counter, aksi reaksi dan spesialisasi
Teknik
b.
Akurasi Teknik. Akurasi
Teknik disertai dengan speed, Power dan daya tahan
2.
Filosofi Karakter Cabor Beladiri:
1)
Ideologi
2)
Resiko
3)
Manfaat
3. Teknik Dasar.
a. Kyorigi
b. Pomse
c. Sambyoen kyorigi
d. Sambyon jireugi
4. FISIK (Latihan dilakukan
dalam bentuk permainan )
a. Kecepatan
1) Speed Akurasi
2) Speed Power
3) Speed Endurance
b. Kekuatan
1) Beban Internal
2) Beban External ( Weight
Training )
c. Daya Tahan
1)
Tahan Cardio Vaskular
2)
Daya Tahan Otot
3)
Agility
4)
Flexibility
5. MENTAL
a. Disiplin
b. Atitude
c. Kerja
Keras/Pantang Menyerah
L. Jenis Perlengkapan Taekwondo
1.
Target Besar
2.
Target kecil
3.
Body protector
4.
Box Dwicagi
5.
Head guard
6.
Pelindung tangan
7. Pelindung
kelamin
8. Matras
M.
Penutup
Demikian
proposal ini diajukan guna untuk pengembangan dan mencari bakat Taekwondo di
setiap daerah berpotensi, mohon partisipasinya dan dukungan dalam pengembangan Beladiri
Taekwondo.
Salam Olah Raga Jaya
Sangat membantu 😊. Terimakasih
BalasHapussama sama
HapusSangat membantu..
BalasHapusterima kasih contoh proposalnya
BalasHapus