Minggu, 13 Januari 2019

CONTOH PROPOSAL EKSTRA TAEKWONDO


A.    Latar Belakang
Kegiatan ekstrakurikuler merupakan jalur pembinaan olahraga, dalam satu sistem terpadu terutama dalah memperkuat landasan pembinaan olahraga agar regenerasi prestasi terus tercipta. Pembinaan olahraga akan lebih berhasil apabila dilakukan sejak usia muda, secara berkelanjutan dan terkoordinasi dengan baik melalui arahan atau bimbingan Pembina-pembina olahraga. Pembinaan olahraga akan diperoleh pertama kali melalui pembelajaran di sekolah, baik melalui kegiatan yang berlangsung pada jam sekolah (intrakurikuler) maupun kegiatan di luar jam sekolah (ekstrakurikuler).
Di sinilah terdapat bibit olahragawan yang tidak akan ada habis apabila program olahraga di sekolah secara keseluruhan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu kegitan ekstrakurikuler di sekolah merupakan wadah yang tepat untuk pengembangan olahraga, disamping itu juga membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan remaja. Tujuan ekstrakurikuler olahraga harus berpedoman pada tujuan yang ada, sehingga segi kognitif, afektif, dan psikomotor bisa terbentuk, (Depdikbud, 1994 : 7).
Segi kognitif meningkatkan, dan memantapkan pengetahuan siswa, sehingga siwa memiliki pengetahuan yang lebih luas tentang olahraga. Pada segi afektif yaitu pembinaan pribadi siswa agar memiliki sikap, disiplin, jujur, senang, sportif dan mengadakan hubungan dengan baik dalam kehidupan manusia. Untuk psikomotor siswa memiliki keterampilan dan kemampuan berolahraga dan berprestasi

B.     Alasan Bela Diri Taekwondo   
Sekarang ini Tae Kwon Do merupakan salah satu cabang yang mendapatkan perhatian cukup besar dari siswa sekolah. Pelatihan Tae Kwon Do dapat diberikan pada kegiatan ekstrakurikuler di  lingkungan sekolah. Dasar dilaksanakan ekstrakurikuler olahraga terdapat dalam petunjuk pelaksanaan kegiatan pembelajaran mata pelajaran pendidikan jasmani  (Depdikbud, 1994 : 4) sebagai berikut :
“Mengingat terbatasnya jumlah jam pelajaran setiap minggu yang  tersedia dalam program kurikuler pada kelas 1 (satu) dan 2 (dua) serta  tidak adanya program kurikuler pada kelas 3 (tiga) perlu disusun program ekstrakurikuler yang dilaksanakan di luar jam pelajaran sekolah. Program kurikuler lebih menekankan pada pemahaman dan penguasaan  kemampuan dan keterampilan cabang-cabang olahraga serta kebiasaan hidup sehat. Program ekstrakurikuler diperuntukksn bagi siswa yang ingin mengembangkan bakat dan kegemaran dalam cabang olahraga serta lebih membiasakan hidup sehat”.

C.    Fokus Beladiri Taekwondo
1.      Beladiri Taekwondo tidak hanya membentuk fighter yang terlatih tapi lebih pada penanaman nilai-nilai, karakteristik dan watak jiwa sportif melalui pembiasaan  di saat latihan.
2.      Pembentukan moralitas dengan saling menghormati sesama Taekwondo-in dan penanaman etika atau sopan santun terhadap siapapun
3.      Menjalin hubungan silahturohim terhadap Taekwondo-In,  pengurus, guru atau pelatih dan Pembina serta penasehat.

D.    Tujuan Beladiri Taekwondo
Tujuan dibukanya latihan Taekwondo adalah :
1.      Meningkatkan persatuan dan kesatuan serta menjalin persahabatan antar siswa.
2.      Sebagai sarana berlatih dan peningkatan prestasi siswa.
3.      Sebagai wahana dan sarana pengembangan diri dan pencapaian prestasi siswa.

E.     Manfaat Beladiri Taekwondo
1.      Wadah penyaluran hobi, minat, dan bakat para siswa
2.      Menguasai kepribadian diri meliputi kejujuran, disiplin, tanggungjawab, semangat berlatih, etika dan keberanian.
3.      Membentuk pribadi yang selalu percaya diri dalam melakukan hal-hal yang positif.
4.      Para Taekwondo-In terhindar terhadap tawuran para pelajar
5.      Mampu untuk dapat menyelesaikan persoalan atau masalah yang dihadapi dalam diri Taekwondo-In.
6.      Selalu dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam melangkah mencapai masa depan yang lebih baik.
7.      Memperkuat dan mensinergikan keyakinan beragama dalam pelatihan Taekwondo.
8.      Menimbulkan jiwa sosial yang tinggi.
9.      Mampu memberikan prestasi gemilang di luar sekolah sehingga dapat mengharumkan nama sekolah.

F.     Tempat dan Waktu
Waktu   :
Tempat :

G.    Sasaran Kegiatan
Untuk menjadikan siswa memiliki semangat olahraga dalam wadah beladiri Tae Kwon Do

H.    Progam Latihan
ü Pembukaan dan doa
ü Stracing (Pemanasan)
ü Pyiometrik
ü Teknik tendangan pukulan dan tangkisan
ü Dance Taekwondo
ü Sambyeon Kyourigi (Pertarungan jarak dekat)
ü Peragaan pomse (Jurus)
ü Materi inti
ü Variasi
ü Permainan
ü Coling down (Pendinginan)
ü Doa dan penutup

I.       Syarat – Syarat Pendaftaran :
1. Sehat jasmani dan rohani.
2. Pas foto 3 x 4 : 1 Lembar.
3. Sanggup mentaati asas – asas Taekwondo.
4. Mengisi formulir pendaftaran.


J.      Progam Kerja
Sasaran kegiatan dalam melaksanakan program kerja ini,kami memiliki beberapa sasaran kegiatan ,diantaranya yaitu
1.      Menggali dan mengembangkan potensi anggota Dengan wahana Tae Kwon Do .diharapkan potensi dalam diri anggota selama ini tidak diketahui oleh dirinya sendiri
2.      Dapat tergali dan dikembangkan.Dari potensi diri tersebut,
3.      Diharapkan dapat membantu menentukan tujuan hidup anggota melalui motivasi dalam latihan.
4.      Memenangkan berbagai kejuaraan Dengan latihan yang rutin, wahana Tae Kwon Do dalam mengikuti berbagai kejuaraan. Diharapkan kejuaraan tersebut dapat memperoleh hasil sehingga dapat mengharumkan nama sekolahan.
5.      Meningkatkan spiritual melalui olah raga beladiri Tae Kwon Do.

K.    Progam Kurikulum
Tahap Latihan Dasar  USIA 7 th-9 th dan 9-12- USIA DINI
a.       TEKNIK
b.      Filosofi Karakter Cabor Beladiri:
1)      Ideologi
2)      Resiko
3)      Manfaat
c.       Teknik Dasar
d.      FISIK (Latihan dilakukan dalam bentuk permainan )
a.       Kecepatan
b.      Kekuatan
c.       Daya Tahan
d.      Flexibility
e.       MENTAL
a.       Enjoyment
b.      Disiplin
Tahap Latihan Lanjutan usia 16 sampai 19 tahun
1.      TEKNIK
a.       Teknik Lanjutan . Atack, Counter, aksi reaksi dan spesialisasi Teknik
b.      Akurasi  Teknik. Akurasi Teknik disertai dengan speed, Power dan daya tahan
2.      Filosofi Karakter Cabor Beladiri:
1)      Ideologi
2)      Resiko
3)      Manfaat
3.      Teknik Dasar
a.       Kyourigi
b.      Pomse
4.      FISIK (Latihan dilakukan dalam bentuk permainan )
a.       Kecepatan
1)      Speed Akurasi
2)      Speed Power
3)      Speed Endurance
b.      Kekuatan
1)      Beban Internal
2)      Beban External ( Weight Training )
c.       Daya Tahan
1)      Daya Tahan Cardio Vaskular
2)      Daya Tahan Otot
3)      Agility
4)      Flexibility
5.      MENTAL
a.       Disiplin
b.      Atitude
c.       Kerja Keras/Pantang Menyerah

Tahap Latihan Lanjutan  usia 20 keatas
1.      TEKNIK
a.       Teknik Lanjutan . Atack, Counter, aksi reaksi dan spesialisasi Teknik
b.      Akurasi  Teknik. Akurasi Teknik disertai dengan speed, Power dan daya tahan
2.      Filosofi Karakter Cabor Beladiri:
1)      Ideologi
2)      Resiko
3)      Manfaat
3.      Teknik Dasar.
a.       Kyorigi
b.      Pomse
c.       Sambyoen kyorigi
d.      Sambyon jireugi
4.      FISIK (Latihan dilakukan dalam bentuk permainan )
a.       Kecepatan
1)      Speed Akurasi
2)      Speed Power
3)      Speed Endurance
b.      Kekuatan
1)      Beban Internal
2)      Beban External ( Weight Training )
c.       Daya Tahan
1)      Tahan Cardio Vaskular
2)      Daya Tahan Otot
3)      Agility
4)      Flexibility
5.      MENTAL
a.       Disiplin
b.      Atitude
c.       Kerja Keras/Pantang Menyerah

L.     Jenis Perlengkapan Taekwondo
1.      Target Besar 
2.       Target kecil
3.       Body protector
4.      Box Dwicagi
5.      Head guard
6.      Pelindung tangan
7.      Pelindung kelamin
8.      Matras

M.   Penutup
Demikian proposal ini diajukan guna untuk pengembangan dan mencari bakat Taekwondo di setiap daerah berpotensi, mohon partisipasinya dan dukungan dalam pengembangan Beladiri Taekwondo.
Salam Olah Raga Jaya















4 komentar: